Tuesday, July 16, 2019

Mengenal Lebih Dekat Program Bayi Tabung

Beberapa hari yang lalu aku menghadiri acara talkshow bersama Dr. Lau Soon Yen (Genesis IVF & Womens Specialist Center)  dan Dr. Sujada A/P Subramaniam, yang langsung didatangkan dari negeri jiran,  yang akan membahas masalah program bayi tabung dan gangguan ketidak suburan.

Setiap pasangan pastilah mengharapkan kehadiran seorang anak didalam kehidupan rumah tangga mereka,  tapi jikalau semua itu tidak terwujud janganlah berkecil hati karena sekarang sudah banyak sekali cara untuk mendapatkan keturunan, salah satunya dengan program bayi tabung.


Satu dari enam pasangan mengalami kesulitan untuk dapat mengandung secara alami.  Ketidakmampuan untuk memulai sebuah keluarga memberikan banyak sekali tekanan pada pasangan. Nah dengan IVF banyak pasangan yang tidak subur dapat mencapai impian mereka untuk menjadi orang tua.

Ketidak suburan adalah salah satu yang paling meberikan tekanan kepada siapapun didalam kehidupan, oleh karena itu Genesis IVF memberikan bantuan dan penjelasan dalam kehidupan kita. Genesis IVF meberikan dukungan, nasehat kepada pasangan,  memahami dan menyelesaikan masalah yang timbul serta melakukan proses perawatan kesuburan.

Apa itu IVF?? IVF adalah sebuah metode konsepsi bantuan pengobatan atau perawatan untuk infertilitas yang umum.
IVF awalnya ditargetkan untuk mengobati wanita dengan infertilitas oleh karena masalah saluran tuba saja tapi karena kemajuan teknologi akhirnya banyak masalah infertilitas yang dapat diatasi.

Saat ini banyak yang belum tahu tentang prosesnya,  dengan program IVF dapat mempersiapkan pasangan,  membuat mereka tidak tertekan dan stress.  Penyebab infertilitas dapat berasal dari berbagai hal maka pilihan perawatan akan bervariasi setiap pasangan. Bagian penting dalam perawatan IVF adalah memastikan diagnosis yang akurat dari masalah yang ada,  baik dari sisi pria atau wanita atau keduanya.

IVF dapat direkomendasikan untuk pasagan dengan masalah seperti tabung Fallopi yang rusak,  Endometriosis, infertilitas terkait usia, gangguan ovulasi, fibroid uterus, infertilitas yang tidak dapat dijelaskan, kelainan genetika dan factor infertilitas pria. IVF menjadi pilihan bagi pasangan yang ingin menyimpan telur atau sperma mereka untuk digunakan dimasa depan.

Seperti apa proses IVF itu?
1. Pengambilan telur (OPU)
-Sel telur diambil langsung dari indung          telur.
2. Sample Sperma
-Sample sperma yang diperoleh akan dibersihkan dan dikonsestrasikan .   
-Sperma yang baik dan sehat akan                  dipilih      untuk Program IVF atau ICSI.

-Telur dipertemukan dengan sperma dalam lingkungan yang disesuaikan untuk IVF atau ICSI di laboratorium.
-Pembuahan.
sebuah telur di inseminasi dalam waktu yang singkat dengan sperma yang sudah dibersihkan dan dikonsentrasikan.
-hanya 1 sperma yang sehat yang disuntikkan ke dalam sel telur.
-Perkembangan Embryo.
Embryo yang diperoleh ditanam ke dalam rahim.
-Embryo berlebihan yang kualitasnya bagus dapat dibekukan untuk digunakan dikemudian hari.

Pentingnya konsultasi dalam IVF yaitu :

  1. Membantu pasangan lebih memahami dan mendengarka satu sama lain. 
  2. Membantu pasangan memilih perawatan yang betul dan menguntungkan. 
  3. Mengambil langkah untuk perawatan. 
  4. Membantu mengatasi kersahan pasangan. 
  5. Memulihkan kehangatan rumah tangga. 
Dalam perawatan IVF yang perlu diperhatikan :
1. Keuangan
    Masalah biaya bayi Tabung.
2. Stimulasi
    Menjelaskan tentang perlunya suntikan        hormon, tehnik suntikan, dan efek                  samping suntikan.

Setelah perawatan kita tinggal menunggu keputusan tes kehamilan, hasilnya positifkah atau negatifkah. Kalau hasilnya negatif maka jalur alternatif bisa dilakukan seperti tes ulang IVF,  donor sperma atau anak angkat.

Menurut Dr. Sujada A/P Subramaniam sebagai perawatan yang bertugas dalam infertilitas tanggung jawab dan perannya adalah sangat penting sekali dalam hal-hal seperti :

  1. Memberikan semangat, pemahaman dan menekan emosi. 
  2. Menguatkan pengetahuan dan pikiran untuk Mengambil keputusan. 
  3. Membuat pilihan dan bersedia menjalani masalah ataupun kegagalan. 
  4. Membantu untuk menangani hasil positif atau negatif dalam kehamilan. 
  5. Menjelaskan cara cara menangani masalah. 
Jadi intinya buat pasangan suami istri yang belum mempunyai keturunan  jangalah pernah bersedih hati karena ketidak suburan itu bisa diobati, dan jika sudah melewati 6 bulan pernikahan cobalah untuk pemeriksaan dini ke Genesis IVF yang ada di Penang, Malaysia dengan harga terjangkau yang akan siap membantu masalahmu.

6 comments:


  1. Dengan bayi tabung bisa juga untuk mendapatkan keturunan. Jadi tahu nij apa itu IVF?? IVF adalah sebuah metode konsepsi bantuan pengobatan atau perawatan untuk infertilitas yang umum.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ibu jadi bagi yang belum punya keturunan ga perlu panik lagi karena sudah ada solusinua

      Delete
  2. IVF ini di tulisannya tidak dijelaskan berapa biayanya dan tempatnya atau rumah sakit yg memakai metode ini dimana??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang dari dokternya ga dijelaskan kak, karena bagi yang beminat langsung konsultasi dengan mereka, dan menurut mereka si jangkau

      Delete
  3. Assalamu'alaikum. Alhamdulillah sudah ada solusi bagi pasangan yang belum dikaruniai anak ya mbk. Semoga dengan kecanggihan inovasi teknologi dari Genesis IVF Penang, Malaysia bisa menjadi pilihan alternatif baru menuju diperolehnya keturunan bagi pasangan2 yang belum dikarunia anak, aamiin. Tentunya selain mendekatkan diri ke Tuhan Yang Maha Esa dan berdoa ya... Nice blog mbk. Terima kasih sdh berbagi ilmu. Wassalam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bun jadi sudah ada solusi yang tepat buat masalah yang tidak punya keturunan

      Delete