Monday, December 30, 2019

Waspadalah Dengan Penyakit Nyeri Tulang Belakang


Pernah merasakan Nyeri Tulang Belakang? Yap aku pernah merasakannya itu sangat-sangat sakit,  mulai dari belakang punggung sampai atas pinggul, rasanya begitu menyiksa, mau tidur dengan posisi apa saja serba salah, mau bangun dari tidurpun rasa sakit minta ampun, dan itu apa yang harus aku lakukan?  Kedokter?  Jujur aku paling takut kalau disuntik (Kaya Anak-anak), nah jalan alternatifnya aku hanya minum obat, dipijet atau ga dikasih obat gosok itu pun nunggu sakitnya reda lama sekali mungkin ada sekitar kurang lebih satu minggu, itu adalah sedikit ceritaku. 

Beruntungnya aku hari minggu tanggal 29 Desember 2019 aku dapat undangan ke acara Blogger & Vlogger Gathering bersama Rumah Sakit Premier Jatinegara, dengan narasumbernya Dr.  Wismaji Sadewo, Sp. BS (K)  yang mengangkat Tema Nyeri Tulang Belakang, pas banget ya dengan apa yang pernah aku alami. 


Dr. Wismaji berkata kalau penyakit nyeri tulang belakang ini bisa menyerang siapa saja baik tua maupun muda, baik pria maupun wanita.  Beraktivitas yang berlebihan bisa membuat nyeri tulang belakang seperti bekerja terlalu lama duduk didepan komputer, seorang atlit yang melakukan gerakan dengan berlebihan, menggankat beban yang berat, gerakan memutar badan yang berlebihan, memakai high heels yang terlalu lama, posisi tidur yang salah, sebenarnya itu semua bisa kita hindari dengan sesekali beristirahat atau berhenti melakukan aktivitas tersebut dengan relaksasi. 

Tulang belakang kita itu sangat rumit yang memiliki struktur dan ruas dengan 33 tulang yaitu :

  1. Tulang leher 7 ruas
  2. Tulang punggung 12 ruas
  3. Tulang pinggang 5 ruas
  4. Tulang kelangkang 5 ruas
  5. Tulang ekor 4 ruas
Oleh karena itulah tulang belakang mempunyai peran yang sangat penting  karena terdiri dari otot, urat, jaringan ikat yang menyatu dan harus dijaga. 



Selain itu kondisi medis juga bisa menyebabkan nyeri tulang punggung seperti :

  • Cancer
  • Nyeri pada ginjal
  • Gangguan tidur
  • Setelah operasi
  • Kelainan saraf terjepit
Untuk pengobatannya bukan hanya dengan di urut atau pijat karena kalau sakitnya disebabkan oleh otot-otot biasa tidak masalah tapi kalau berat badan kita mulai menurun, demam, pembengkakan, nyeri ke arah kaki dan tumit, gangguan kemih, kesemutan atau baal nah itu kita membutuhkan dokter dan harus segera dibawa kerumah sakit yang nanti akan diperiksa dan diberi penanganan seperti :
  • Obat - obatan (Painkillers NSAID, Codeine. 
  • Terapi
  • Injeksi dibagian yang sakit
  • Yoga untuk merelaksasi supaya tidak tegang. 
  • Dan tindakan medis  lainnya yang jika diperlukan. 


Nah oleh karena itu kalau kita melakukan aktivitas jangan lah terlalu lama-lama, sesering mungkin lakukan gerakan relaksasi supaya tulang punggung kita tidak sakit dan diingat jaga pola makan, tidak merokok, kendalikan berat badan. 

Jika teman-teman atau keluarganya adanya yang terkena Nyeri Tulang Belakang bisa langsung datang saja ke RS Premier Jatinegara, Jakarta Timur karena Dr. Wismaji Sadewo, Sp. BK (K) praktek disetiap senin, rabu dan sabtu pada pukul 15.00 - 17.00 wib. 

RS Premier Jatinegara  yang terletak di jalan Raya Jatinegara no. 85-87 Jakarta timur ini merupakan rumah sakit swasta yang  menyediakan pelayanan kesehatan umum dan spesialis yang lengkap, dengan tenaga medis yang handal, fasilitas yang memadai, peralatan medis yang canggih dan tempatnya pun sangat strategis bisa dilalui oleh kendaraan dan transportasi dari mana saja. 

Ingat jaga kesehatan, jaga pola hidup sehat, agar kita  terhindar dari penyakit Nyeri Tulang Belakang dan penyakit-penyakit lainnya, semoga di tahun 2020 kita sehat selalu dan sukses menyertai kita. 





6 comments:

  1. Aku kalau kelamaan ngetik di laptop, bagian pinggang ke atas langsung sakit. Biasanya aku langsung istirahat sambil kayang dengan gym ball untuk mengurangi sakitnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mom memang harus ada rehatny biar urat dan tulangnya tidak sakit

      Delete
  2. banyak sekali cara mengobati nyeri tulang belakang ya ternyata

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak banyak caranya agar kita selalu terhindar dari penyakit ini

      Delete
  3. aku juga sering nih menggalami nyeri tulang belakang, makasi infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mom, maklumlah ya apa lagi kalau sudah beraktivitas suka lupa dan keasikan akhirnya terasa sakitny

      Delete